Pilkada Kota Probolinggo 2018

Survei SEC: Suara Beberapa Parpol di Kota Probolinggo Pecah

Home / Berita / Survei SEC: Suara Beberapa Parpol di Kota Probolinggo Pecah
Survei SEC: Suara Beberapa Parpol di Kota Probolinggo Pecah ILUSTRASI: Pilkada Kota Probolinggo. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESPONTIANAK, PROBOLINGGO – Dalam kontestasi pilkada 2018, di Kota Probolinggo Jawa Timur, suara beberapa partai mengalami perpecahan. Data tersebut, merupakan hasil survei lembaga independent Social and Education Centre (SECProbolinggo.

Peneliti ahli lembaga SEC Probolinggo, Ilyas Rolis menyebut, pihaknya melakukan survei tersebut pada 31 maret hingga 07 april 2018 lalu. Sebelum adanya debat publik dan kampanye terbuka paslon. SEC menggunakan metode multi stage random sampling dengan 400 orang responden. Termasuk di dalamnya, yaitu responden dari kader partai.

Perpecahan dukungan dari partai politik tersebut, terjadi pada PDI Perjuangan dan Demokrat. Untuk PDI Perjuangan, 14,3 persen dukungan tertuju ke paslon nomor urut 2, Fernanda Zulkarnaen – Zulfikar Imawan (Sang Tretan). 9,5 persen dukungan tertuju pada paslon nomor urut 4, Hadi Zainal Abidin – M. Soufis Subri (Handal Brillian).

Serta 19 persen tertuju pada paslon nomor urut 3, Samsu Alam – Kulup Widyono (Alamku). Sementara sisanya, belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihan. Hal senada, juga terjadi di tubuh Demokrat. 10 persen dukungan lari ke paslon Alamku, 25 persen dukungan untuk handal Brillian, dan 10 persen dukungan untuk Sang Tretan.

Perpecahan juga terjadi di tubuh PPP. Partai berlambang ka’bah itu 25 persen kadernya memberikan dukungan pada paslon Handal Brillian, dan 18,8 persen dukungan untuk Sang Tretan. Sisanya, juga sama, belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihan. Tak kalah menarik, hasil survei untuk PKS, sepenuhnya dirahasiakan.

Terkait hal itu, Ketua DPC Demokrat, M. Soufis Subri mengatakan,  setiap lembaga survei mempunyai metode masing-masing. Pihaknya membantah, jika sedang terjadi perpecahan dukungan, dalam tubuh parpol yang dipimpinnya.

“Yang jelas, dari kami sendiri solid. Saya yakin, pada saat hari H nanti, kami akan tetap solid. Sejauh ini juga baru terjadi pergantian ketua,” katanya, Senin (7/5/2018), melalui sambungan selular.

Sementara itu, upaya untuk meminta keterangan dari Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Agus Riyanto, tidak ada jawaban. Nomor selular miliknya, ketika dihubungi sedang mengalihkan semua panggilan.

Sebagai informasi, survei lembaga independent Social and Education Centre (SECProbolinggo dilaksanakan pada 31 maret hingga 7 april 2018. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com