Indikator
  • Undercontruction

Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Pikun?

Home / Kesehatan / Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Pikun?
Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Pikun? Kurang tidur menyebabkan Pikun (Foto: elle, Focus)

PONTIANAKTIMES, JAKARTA – Kerja lembur atau terlalu sering begadang membuat Anda kurang tidur. Meski ada yang menganggap kurang tidur adalah hal biasa, Anda harus tetap waspada. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda jadi lesu dan mengantuk sepanjang hari. Lebih dari itu, kurang tidur dapat mengakibatkan fungsi otak juga ikut merosot tajam sehingga dapat memicu munculnya beragam masalah kesehatan mental. Dilansir dari Hello Sehat, berikut berbagai masalah kejiwaan yang dapat terjadi akibat kurang tidur.

Konsentrasi Menurun
Para peneliti telah menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kewaspadaan dan konsentrasi otak menurun. Tak heran jika setelah berjam-jam (atau bahkan berhari-hari) tidak tidur nyenyak, Anda jadi suka bingung sendiri, gampang lupa, dan sulit berpikir jernih.

Dalam dunia medis, kondisi gangguan berpikir akibat otak yang kelelahan ini sering disebut sebagai brain fog. Tapi Anda mungkin lebih familiar dengan istilah lemot. Otak yang lemot membuat Anda kesulitan mengambil keputusan penting. Meski terkesan sepele, brain fog ini tidak boleh disepelekan. Brain fog bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit demensia.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com